26 Mar 2013

Tulisan Di Minggu Ujian (Part IV)

    Hari ini terakhir gue ujian. Gue gak berasa kalo abis ujian. Tadi gue ujian Bahasa Sunda. Karena sekolah gue berada di regional sunda. Regional yang huruf "F" masih langka ditemui. Guru Bahasa Sunda gue orangnya baik. Dia tidak pernah membuat susah muridnya. Ya,baik. Saking baiknya, kisi-kisi soal yang dikeluarkan seperti soal asli. Gue bagaikan gak dapet soal waktu ujian. Hanya dibagiin kisi-kisi yang kosong. Jadi harus gue isi. Tapi sama. Baik banget guru gue. Coba semua guru gue kayak gitu. Pasti gue jarang ulangan dua kali ( baca : remedial ).
    Gue masih mau ngebahas tentang ujian. Tentang perbedaan orang Indonesia dan orang Luar Negri bila sedang ujian. Orang Indonesia cenderung mencontek. Di postingan gue kemarin gue bilang kayak gitu. Alhamdulillah gue gak pernah nyontek. Tapi waktu gue kelas 1 SD gue pernah dikasih tau sama ibu gue. "Han,kalau sudah selesai diisi ujiannya. periksa lagi ya." Begitu kata ibu gue. Kata periksa dalam kalimat itu agak gue tafsirkan 'salah'. Periksa menurut gue berarti memeriksa jawaban yang gue isi sesuai dengan yang ada di buku. Jadi? ya,gue buka buku waktu selesai ujian. Semua memandang ke arah gue. Entah mengapa gue ngerasa keren waktu itu. Guru gue panik. Mukanya agak seperti barong reog waktu itu. "Farhan,kan kita sedang ujian. Kita tidak boleh melihat ke buku." Guru gue bilang dengan nada lembut. Berbanding terbalik dengan mukanya yang kusut. Gue menjawab "Bu,kata ibu saya setelah ujian harus di periksa". Semua tertawa. Gue juga ketawa. Tapi setelah gue tau yang sebenernya. Gue malu.
   
Entah gue takut atau emang baik. Gue sangat gak mau nyontek. Bagi gue nyontek terlalu menakutkan. Kayak pocong yang lagi bawa senjata nuklir. Menurut gue kalau nyontek sekali berarti kita sudah latihan sekali menjadi koruptor. Asik gue bijak.
    Pernah waktu SMP gue udah siapin contekan dalam bentuk Mini Size Copy. Tapi gue langsung mengurungkan niat gue. Gue buang kertas itu ke toilet sekolah. Tiba-tiba besoknya ada truk sedot WC mampet di sekolah gue. Gak tau kenapa.
    Sebenernya kalo niat. Gue bisa aja nyontek. Gue bisa aja nulis di meja dengan tulisan gue yang 'keren'. Keren. Iya keren beneran. Tapi banyak banget orang yang gak bisa baca tulisan tangan gue. Semacam tulisan kuno mesir mungkin. Dengan tulisan yang kayak gitu. Gue bisa aja ngukir tulisan gue di meja. Semua gak akan menyadari. Kecuali gue. Mungkin semua orang akan mengira tulisan yang gue buat seperti barisan semut.
    Banyak hal yang membuat males nyontek. Selain dosa. Waktu itu gue ngeliat temen gue yang ketahuan nyontek. Dia disuruh keluar ruangan. Gue yang ngeliat itu jadi shock. Gue sampe kebawa mimpi. Gue teriak-teriak. "Bu,jangan keluarkan saya dari ruangan". "Tapi kamu sudah mencontek. keluar sana. Selamat menekuni usaha lama mu menjadi tukang tahu gejrot keliling." Guru gue teriak juga. "Jangan bu. Bawang putih lagi mahal sekarang. Jangan bu. Tidaaakk." Gue keluar ruangan.
    Setelah bangun dari tidur gue yang hina. Gue menyadari kalo gue cuma mimpi. Mimpi gue juga dikolaborasi oleh berita akhir-akhir ini. Ya bawang putih lagi naik harganya. Awal gue denger berita itu. Gue biasa aja. Harga bawang yang naik. Bukan harga gado-gado. Gue suka banget makan gado-gado. Dan gak suka ngemil bawang putih. Jadi gue tenang aja. Tapi akhirnya gue sadar tanpa bawang putih. Gado-gado gak akan terasa gurihnya. Tidak. Betapa bodohnya gue ini.
    Untungnya film "Bawang merah, Bawang Putih" nge-hits di zaman dulu. Kalo di zaman sekarang di saat bawang putih harganya lagi naik. Mungkin judulnya jadi "Bawang Merah Saja". Tragis. Krisis ekonomi memang membuat hidup menjadi keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...