10 Jul 2014

Pesanku Kepada Angkatan Baru

     Gue sekarang udah berstatus lulus dari sekolah yang hampir sukses membuat jidat gue selebar lapangan sepak bola. Walaupun belum di wisuda. Tapi gue udah kerja dan udah dinyatakan lulus (sebagai siswa paling freak, huehehe). 
     Waktu lagi sekolah gue pengen banget cepet - cepet lulus. Giliran udah lulus, pengen cepet - cepet nikah pengen balik lagi walau cuma sehari belajar bareng temen - temen seangkatan lagi. Tapi itu gak
mungkin. Muka ini sudah terlalu tua untuk duduk di kursi sekolah itu, hiks. Perasaan baru kemaren gue nyari - nyari informasi tentang sekolah kimia yang katanya cukup sadis ini. Perasaan baru kemaren gue di botakin terus di MOS sama kakak - kakak yang baik hati (kalimat ini adalah contoh pencitraan). Perasaan baru kemarin gue ke Bali bareng temen - temen. Dan masih banyak perasaan - perasaan lainnya yang mendukung sebuah kalimat pokok yaitu "waktu cepat sekali berlalu".
     Ah waktu cepat sekali berlalu. Gue masih inget bagaimana gue berkenalan dengan teman - teman yang gue kira bakal semuanya suka kimia dan pinter - pinter. Ternyata ada juga yang cangak dan lebih ancur dari yang gue bayangin. Seperti gue pernah berkenalan dengan orang yang suka banget main game, sampe cabut - cabutan gitu. Wih, gue mengira gak akan ketemu dengan orang semacam ini di sekolah kimia yang katanya replika penjara ini. Itu bukti bahwa di sekolah ini bukan hanya ada orang pintar secara akademis. Tapi gue akuin beberapa anak yang kesulitan di bidang akademik tapi menonjol di bidang lain. Contohnya gue. Gue gak terlalu jago di bidang akademis. Tapi gue selalu ikut organisasi. Seperti Panitia Perhitungan Beras Warteg Se- Kota Bogor. Gue emang hebat. (engga,gue bercanda).
     Beberapa hari yang lalu, gue denger di twitter ( seakan twitter bisa bicara ). Masa Orientasi Siswa di sekolah gue ( sekolah kimia yang katanya lebih kejam dari ibu tiri dan ibu kota ) sudah dimulai. Wih,padahal lagi puasa. Gue gak kebayang gimana cara marah - marah tapi sedang puasa. Oh, iya gue inget kalau lupa tidak membatalkan puasa. Mungkin nanti marah - marah di MOS akan berganti liriknya menjadi :

"WOY MAS MBA, YANG SOPAN LOOO !!! WOYY NUNDUK !!" 

lalu agar puasanya tidak batal, mereka harus pura - pura lupa :

"WOY GUE SIAPA??? WOY NAMA GUE SIAPAA?? INI DIMANAAA? KULIT MANGGIS EMANG UDAH ADA EKSTRAKNYA???"

Semacam itu. 

    Gue yakin dengan cara itu, MOS dan marah - marahnya tetap berjalan, puasa pun tidak batal.
    Gue juga pernah di MOS, jadi gue ngerasain gimana gaenaknya di MOS. Disuruh bawa inilah,bawa itulah. Mending instruksinya jelas. Buat tau disuruh bawa apa. Kita harus buka buku ensiklopedia dulu (lebay). Gue pernah waktu pas MOS disuruh bawa makanan "Barium Sulfat Matang" buat dimakan. Dan karena gue orangnya penasaran. Semenjak di bis arah pulang setelah MOS, gue search pake internet hape gue. Dan hasil dari search-ing nya, Barium Sulfat adalah semacam tinta pulpen. Gue gak ngerti apa - apa soal kimia waktu itu. Gue panik. Masa iya gue harus makan nasi pake tinta pulpen?? ternyata setelah nanya ke kakak kelas deket rumah, itu cuma disuruh bawa baso sapi empat. hyaelaah.
     Tapi indah memang datang pada waktunya. Di hari akhir MOS itu nge-feel banget. Asik banget dan gak terlupakan sampe sekarang. Hiks *elap ingus pake daster ibu warteg*
     Setelah MOS, gue masuk ke laboratorium gravimetri. Laboratorium pertama yang katanya tingkat kedisiplinannya melebihi militer. Sampe - sampe masuk lab harus pake helm dua lapis (ya enggalah). Jujur gue bingung harus gimana waktu awa masuk lab. ini. Gue jadi salah tingkah gitu. Karena salah tingkah, jadi kena marah. Apalagi guru pembimbing di lab. ini rata - rata memiliki nada bicara diatas delapan oktaf. 

"Ya memang harus begitu untuk perkenalan, biar karakter disiplinnya terbentuk" Kata salah satu pembimbing gravi, sebut saja namanya pak Manggis. 

Nah, karena belajar dari pengalaman gue gak ngerti harus ngapain dan apa yang gak boleh dilakuin di Lab. Gravi. Makanya gue akan jelasin buat anak - anak yang baru mau masuk lab. Gravi ini. Ini gue dapetin dari beberapa kali riset dan penelitian. Hasilnya cukup tidak akurat dan membuat orang yang mendengarnya jadi ber-urat. Karena riset yang gue lakuin cuma pake feeling dan niat saja (segala sesuatu berawal dari niatnya ).

Ekhem - ekhem kita mulai saja *benerin muka* baca yang baik ya adik - adik.

Hal - Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Lab. Gravimetri :

1. Pura - Pura Mati Saat Di Kasih Pertanyaan Sama Guru Pembimbing

Gue tahu pertanyaan dari guru pembimbing seputar praktek dan metode itu cukup berat. Tapi jangan lakukan hal ini, karena jika ketahuan kalian cuma pura - pura. Pasti kalian akan...... disuruh masuk eskul teater. Karena akting kalian cukup baik.

Pura - Pura Mati by Model

Pura - Pura Mati by Model

Mati beneran.

2. Jangan Bersembunyi Di Bawah Meja Timbang

Gue tahu kalian pasti takut pertama kali masuk ruang timbang. Disana hawanya beda. Bukan hawa nafsu tapi. Tapi walaupun takut, jangan sesekali bersembunyi di bawah meja timbang karena nanti kalian akan di anggap sejenis kucing warteg yang suka ngumpet di bawah meja. Yagitu.

Sangat Tidak Boleh Dicontoh.
3. Jangan Berwudhu Dengan Air Limbah Anorganik

Gue tahu mungkin kalian pengen cepet - cepet keluar lab. buat alesan solat juhur di siang hari. Tapi inget, sekalipun kalian pengen buru - buru solat. Wudhulah pada tempatnya. Berwudhu dengan limbah dapat menyebabkan kanker, gangguan kehamilan, dan janin. (itu limbah apa rokok?)

Setelah Adegan Ini, Kabar Model Tidak Terdengar Lagi.
4. Jangan Minum Limbah Anorganik

Gue tahu kalian haus banget di Lab. Peraturan di lab juga gak ngebolehin buat makan dan minum kecuali jam istirahat. Walaupun haus, jangan nekat untuk meminum air limbah. Minum saja asam kuat encer yang tersedia. Efeknya lebih mudah diatasi, tinggal makan sabun. #saransalah

#prayformodel
5. Jangan Pipis Di Tong Limbah Anorganik

Gue tahu kalian suka kebelet pipis kalo di lab. Apalagi kalau tahu bakal ada kuis dadakan yang nilainya dimasukin ke rapot. Walaupun panik, jangan sesekali pipis di tong limbah anorganik. Karena pipis kalian belum tentun anorganik. Mungkin saja Organik atau Pecah belah (lu kira tong sampah -_-).

Model Adalah Pria
6. Jangan Berduaan Dengan Lawan Jenis di Lab.

Gue tahu kalian baru kenal dengan teman - teman baru dan pasti pengen melakukan pendekatan sehingga bisa jadian. Tapi jangan lakukan hal itu di Lab. Lab cukup memiliki banyak penunggu. Dan apabila kalian berduaan, yang ketiga adalah setan. (kayaknya gitu)

Pacaran Aman : Gunakan Masker
7. Jangan Menelpon Di Ruang Timbang

Gue tahu kalian pengen banget nelpon pija hat delivery karena lapar, tapi jangan lakukan itu di ruang timbang. Karena di ruang timbang suka ga dapet sinyal. jadi percuma.

Padahal tidak ada sinyal.
8. Jangan Mematikan Teklu (pembakar) dengan Paralon

Itu teklu, bukan oven serabi.

Model By : Abang - Abang Tukang Serabi
9. Jangan SMS-an di Lab.

Gue ngerti kalian pengen banget SMSan atau apdet status di sosial media kalian. Tapi jangan lakukan itu di lab. karena sekali lagi, di lab suka gaada sinyaaaal. Untuk berkomunikasi dengan teman. Gunakanlah cara tradisional, seperti :

Nama alatnya : TelePharalone.
10. Bersihkan Tangan pada Tempat Yang Benar

Gue tahu tangan kalian sering banget kotor karena ketumpahan cairan asam atau basa encer. Cucilah tangan kalian pada tempat yang benar. Yaitu wastafel. Jangan lakukan di penangas air. 

Contoh Benar


Contoh SALAH
11. Jangan Mengambil Pereaksi Berlebihan

Gue tahu kalian lagi seneng banget eksplorasi bahan - bahan kimia baru yang gak kalian temuin  di SMP. Tapi jangan gunakan terlalu banyak. Karena ditakutan bahan kimia akan habis. Dan kalian tidak akan bisa ujian, kecuali mendapatkan bahan kimia bersubsidi ( bahan kimia apa bensin? -__-)

Contoh penggunaan berlebihan.
12. Jangan Berfoto di Belakang Orang yang sedang Praktik

Bukan apa - apa. Tapi siapa tau, yang lagi praktik sebenernya juga pengen ikutan foto. #pengalamanpribadi
Praktikan Yang Tegar.
13. Jangan Berkenalan Dengan Orang Asing

Gue tahu kalian lagi pengen saling berkenalan dengan temen - temen angkatan. Tapi jangan mau berkenalan dengan orang yang berpenampilan aneh. Siapa tau dia adalah alien dari planet namec.

Sampai Saat ini, Model ini masih Hilang. Diduga diculik alien sebelah kanan.
14. Jangan Main Benda Tajam di Lab.

Kali ini gue gak tahu kenapa ada pisau dapur di Lab? oh mungkin itu pisau Lab. Atau mungkin ini sebenernya adalah dapur dan bukan lab? gue gak tahu. Tapi jangan maen benda tajam. Nanti jadi begini :

adegan ini hanya kebenaran belaka.
Mungkin segitu aja tips yang bisa gue kasih ke kalian. Jadi anak yang baik yah. Empat tahun itu gak lama kok. Paling tau - tau kalian udah berkumis atau brewokan #curhat. Salam Analis !! Salam Crispy!!

5 komentar:

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...