25 Des 2013

Hari Ketiga : "Disuruh Ngocok (Playlist)"

     Tantangan hari ketiga. Disuruh ngocok. Ha? Ngocok? Iya.. Ngocok playlist musik maksudnya. Gue pribadi sering banget dengerin musik. Biasanya gue dengerin musik di erjalanan gue ke sekolah. Gue ke sekolah naik bis. Karena boring menunggu perjalanan yang hampir sejam menuju Bogor.
Makanya gue lebih sering naik bis sambil dengerin musik. Musik yang gue dengerin kebanyakan lagu anime dan berbau Jepang. Maksudnya ‘berbau’ itu nuansanya. Bukan saat gue dengerin musik tiba-tiba keluar aroma minyak wangi cewek Jepang dari hape gue. Jadi karena tantangan hari ketiga buat ngocok playlist dan nyeritain 10 lagu pertama,yaudah gue akan coba. Para otaku pasti pada lumayan tahu lagu kesukaan gue. Tapi yang bukan otaku pasti menganggap playlist gue seperti menu masakan restoran Jepang. Ini dia lagunya. Bentar ya kocok dulu..
Nah ini dia 10 lagu pertama di playlist gue setelah dikocok :
1.       


  1.  Galilleo Galillei – Aoi Shiori

      
 
Anime Ano Hana
     Ini termasuk lagu yang mellow. Lagu ini adalah original soundtrack dari anime “ano hi mita hana no namae wa bokutachi wo mada shiranai” (beuh panjang). Atau lebih disingkat lagi jadi Ano Hana. Lagu yang lumayan sering gue dengerin. Karena musiknya enak. Mengalun. Membawa suasana menjadi mellow. Ya,walaupun gue orangnya anti galau. Bukan berarti gak boleh dengerin lagu galau kan? Oh iya,lagu ini dibawakan dengan bahasa Jepang tentunya. Supaya lebih menghayati,gue pernah nyari lirik dan terjemahannya. Ternyata kayak kisah cinta segitiga gitu. Jadi satu cowok tapi disukain dua cewek. Gue agak kecewa. Karena gue gak pernah disukain dua cewek sekaligus. Gue gak pernah kayak gitu. Karena satu saja memerlukan usaha yang ekstra.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 85%

      2.       Keno - Ohayou

     
     
Anime HunterxHunter
     Ini juga sering gue dengerin. Apalagi dulu waktu kecil. Lagu ini merupakan lagu original soundtrack “Hunter x Hunter” yang versi 1999. Dulu gue sering nonton di TV7 tiap abis solat magrib. Gue inget banget lirik terjemahan Indonesianya. “Mari ucapkan selamat pagi.. Wujudkan mimpimu lagi.. semoga hari ini,jadi hari yang indah... “ Kata “ucapkan selamat pagi” sendiri dalam bahasa Jepang adalah “Ohayou”. Ya,judul lagunya juga Ohayou. Lirik terjemahannya belum gue cari. Tapi gue apal lirik Jepangnya. Gue sering nyanyiin waktu dengerin lagu di bis. Saking semangatnya gue pernah sampe teriak di bis. Mungkin yang duduk di sebelah gue kaget dan mengira gue kesambet hantu Jepang.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 75%
  
      3.       One OK Rock – The Beginning
      
 
Band One OK Rock
    
     Ini lagu yang asik banget. Alirannya Japanese Rock gitu. One OK Rock sendiri adalah band yang gue suka dan baru-baru ini konser di Jakarta. Tapi karena gue gak ada duit. Gue gak nonton konsernya. Lagunya semangat. Liriknya sih agak mellow. Tapi pembawaannya semangat,malah jadi mengusir galau. Kalau lagi dengerin lagu ini di bis. Gue biasanya menghentakan kepala gue ke depan layaknya seorang rocker. Untungnya gue gak pernah disangka epilepsi sama penumpang laennya. Satu masalahnya dari lagu ini. Gue masih belum bisa nyanyiin dengan nada yang benar. Karena nadanya tinggi banget. Karena takut ketinggian,gue jadi belum bisa bernyanyi nada yang tinggi. (alasan yang salah)
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 80%

      4.       L’arc en ciel – Hitomi no Jyunnin
      
    
Band L'arc en ciel
     Lagi-lagi lagu galau. Tapi gue ingetin sekali lagi. Gue orangnya anti galau (kayaknya). Lagu ini mengalun indah. Gue inget lagu ini sering gue nyanyiin waktu tahun 2010. Waktu itu gue lagi galau-galaunya (dan belum menganut anti galau). Judul lagu ini kalau diartikan ke bahasa Inggris adalah “Leaving in your eyes”. Tuh kan judulnya aja udah galau banget. Sama seperti lagu sebelumnya. Lagu ini nadanya tinggi banget. Vokalis L’arc en ciel yaitu Hyde emang luar biasa banget suaranya. Di reff lagu ini dia naik nada dua kali. Sementara gue pas nyoba nyanyi cuma kuat satu nada. Dan itupun udah ngos-ngosan. Hyde emang keren dan salah satu vokalis band terkeren menurut gue.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 50%

      5.       Baby Metal – Ijme,Dame,Zettai
      
     
Baby Metal. Cute abis.
     Bentar deh *nahan ketawa*. Kenapa harus keluar lagu ini? Jati diri gue sebenarnya jadi dipertanyakan. Ini merupakan lagu dari idol group Jepang bernama Baby Metal. Alirannya Heavy Metal gitu. Tapi agak unik karena dipadukan dengan musik idol. Sebelum menjudge gue suka Idol Group berlebihan dan lu pasti ngebayangin gue suka nonton sambil bawa light stick kayak pengatur jalan. Dengerin gue dulu. Baby Metal tidak seperti idol group yang lain. Dia lebih sangar dan anggotanya cuma tiga orang. Jadi gampang buat ngafalin. Gak kayak idol group lain yang satu team aja ada 16. Dikali tiga jadi 48. Itu ngafalin nama anggotanya pasti udah kayak ngafalin undang-undang dasar. Banyak bener.
     Lagu ini berkisah tentang “Stop Bullying !”. Beda dengan kebanyakan lagu metal yang berkesan anarkis dan rusuh. Lagu “Ijme , Dame,Zettai” ini menyuruh pendengarnya untuk menghentikan bullying. Karena itu sangat tercela. Yang penasaran. Coba dengerin deh. Keren.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 45%

       6.       Megurina Luka – Just Be Friend
      
  
Vocaloid Megurina Luka
     Lagi-lagi lagu Jepang. Ya karena emang playlist gue kebanyakan lagu Jepang. Lagu ini bukan dinyanyikan oleh manusia. Bukan. Bukan dinyanyiin hantu. Dasar orang Indonesia. Dikit-dikit disangkutin ke hantu terus. Lagu ini dinyanyikan oleh Megurina Luka. Salah satu anggota vocaloid. Vocaloid adalah software penghasil suara yang berupa nyanyian. Kalau gak salah sih keluaran Yamaha. Jadi software ini bisa membuat suara seperti robot berupa manusia. Kayak android gitu. Keren. Lagunya juga enak. Apalagi lagu ini sangat bersejarah bagi gue. Dulu waktu galau (sebelum menganut anti galau) gue selalu dengerin lagu ini. Karena beatnya sangat semangat. Disko gitu. Dan liriknya. Seolah pasrah dengan keadaan. Mau deket sama dia tapi gak bisa. Yaudah temenan aja. (Bukan spoiler untuk galau). Yang mau dengerin silahkan cari di google banyak. Easy listening dan pastinya mengusir galau.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini :
(dulu : 95%) ; (sekarang : 70% )

        7.       Afgan – Jodoh Pasti Bertemu
      
   
Karena gak dapet foto afgan. Gue ganti sama yang agak mirip.

     Bentar-bentar. Perasaan gue gak pernah nyimpen lagu segalau ini (alasan). Bentar gue inget-inget dulu. Oh iya,ini lagu titipan ade gue. Dia minta gue downloadin. Beneran. Lagunya juga jarang gue dengerin. Kecuali kalo lagi inget sama gebetan (dan itu sering). Lagunya cukup enak. Tapi liriknya kurang seru. Karena terjadi beberapa kali pengulangan. Liriknya juga sangat galau dan menggalaukan.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 10% (beneran)

        8.       Justice Voice – Kini kau Tlah Dewasa
      
    
Grup Nasyid Justice Voice
      Selow. Langsung berpikiran macem-macem ya liat kata “dewasa” dikit (atau pikiran lo doang kali han). Ini adalah lagu nasyid. Gue sendiri adalah anggota nasyid angkatan di sekolah gue. Ya makasih.. makasih (berasa ngetop). Tapi beneran,grup nasyid gue juga udah sering juara sejabodetabek atau paling sering sih se-Bogor.
     Lagu ini berkisah tentang mengingatkan kepada pemuda bahwa saat kita dewasa kita akan kawin menemukan berbagai masalah. Kita harus sabar dalam melewatinya.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini :
(Lagi mau lomba : 80%) ; (Lagi gak lomba : 30%)

        9.       Gorillaz – Feel Good Inc
    
     
Band Virtual Gorillaz
     Lagu ini juga bukan dinyanyiin manusia. Mirip dengan vocaloid. Bedanya gorillaz berasal dari Amerika dan perawakan mereka lebih seram-seram daripada vocaloid yang kebanyakan unyu. Lagu gorillaz kebanyakan featuring dengan rapper terkenal. Di lagu Feel Good Inc ini juga ada nge-rap nya. Lumayan membangkitkan semangat. Tapi di lagu ini banyak sound effect ketawa gak jelas gitu. Ya mungkin karena judul lagunya “Feel Good” kali ya.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 30%
    
        10.   Kouji Wada – Butterfly
      
     
Anime Digimon
     Lu tau Digimon? Iya. Kartun Jepang yang dulu eksis. Sekitar tahun 2001 kalo gak salah. Waktu itu gue masih kelas 1 SD. Gue jadi maniak Digimon banget. Waktu pergi ke pasar,gue selalu minta dibelikan action figure Digimon. Akhirnya gue dibeliin. Tapi karena masih kecil dan berperilaku anarkis sejak dini. Mainan yang gue beli hanya dapat bertahan kurang dari satu minggu. Tragis.
     Lagu ini merupakan Original Soundtrack dari film Digimon Adventure. Dulu saat tayang di Indosiar,Soundtracknya dijadiin bahasa Indonesia. Tapi kesannya jadi maksa dan aneh. Gue lebih suka lagu bahasa Jepangnya. Keren. Bikin semangat. Saat dengerin lagu ini di bis,gue seolah-olah punya digimon dan ingin bertarung melawan digimon jahat. Tapi beberapa saat setelah lagu selesai,gue kembali sadar kalo gue adalah anak yang mau pergi ke sekolah. Dan satu-satunya hal yang bisa gue lawan waktu itu adalah soal ujian.
     Tingkat keseringan gue dengerin lagu ini : 80%

     Nah,itulah 10 lagu teratas yang ada di playlist gue setelah di “kocok”. Semoga menjadi referensi saat mencari lagu bagus di internet. Ya,walaupun judul lagu-lagu gue kebanyakan mirip dengan menu masakan restoran Jepang. Tapi lagu-lagu itu membuat semangat dan mengusir galau. Coba deh.
     Kasih saran atau komen ya di kotak bawah. Tentang lagu-lagu di playlist gue atau tentang judulnya yang sulit dimengerti.


2 komentar:

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...