23 Apr 2013

Kartini's Day for Me



     Dua hari yang lalu hari minggu. Tapi bukan hari minggu biasa. Tadinya gue lupa. Tapi setelah nonton televisi,gue jadi sadar kalo ini hari kartini. Hari kartini merupakan hari memperingati ulang tahunnya kartini. Tapi gue gak liat ada lilin ulang tahun atau kue. Yang ada malah orang orang pake kebaya dan baju adat masing-masing daerah asal.. Semacam cosplay yang Indonesia banget. Gue suka.
    Gue belum pernah pulang kampung. Kalau lagi lebaran,gue suka bingung kalau ditanya "Han, mudik gak?". Jawaban gue sama " Gue ke rumah nenek gue bisa pake sepeda yang rantainya putus." . Semuanya ngetawain gue. Rumah nenek gue emang deket banget dengan rumah gue. Temen-temen gue pada punya kampung. Ada yang di Bandung,Kebumen,dan Surabaya. Tiap libur lebaran gue jadi sendiri di daerah rumah gue yang gak punya kampung. Kegelisahan ini membuat gue bertanya pada orang tua gue. "Sebenarnya aku ini anak siapa?". Ups maaf itu teks skenario drama gue. Gue nanya "Papa mama asalnya dari daerah mana?".
Akhirnya gue tau. Bapak gue dari Jawa Tengah. Ibu gue dari Padang.
    
Mulai saat itu gue jadi bisa nentuin mau pake baju adat apa buat ke hari kartini. Waktu itu gue kelas 3 SD. Orang tua gue ngasih pilihan. Mau baju adat Jawa Tengah atau Padang. Gue ngeliatin gambar spesifikasi baju adat dari kedua daerah itu. Dan akhirnya gue memilih adat Padang. Kenapa? praktis dan gak pake kaen. Gue trauma pake kaen buat bawahan. Takut seperti gue TK. Kaen itu terbuka. Dan.. ya gambar teletubbies di celana dalem gue diliat temen gue yang perempuan. Selain praktis dan gak pake kaen ada yang gue suka banget dari pakaian adat Padang. Ini dia :



      Nah !. Keren kan? Model bentuk kepala kayak gitu membuat gue jadi merasa keren. Gue yang tadinya penakut kalo ketemu kakak kelas di SD. Sekarang engga. Gue bisa nyeruduk mereka kapan aja. Tiap ngeliat mereka. Dalam hati gue teriak "gue seruduk loo.. gue seruduuukk.. " keren lah pokoknya.
     Setelah gue dipakein adat Padang sama ibu gue. Gue baris di lapangan SD gue. Semua siswa siswi SD dari kelas I sampai VI ada di situ. Sebelah barisan gue anak kelas IV. Lebih tua setahun dari gue. Dan lebih muda 30 tahun dari kepala sekolah. (gak penting). Ada suatu hal yang bikin gue gak nyaman baris di barisan ini. Sebelah gue ada kakak kelas IVperempuan, yang memakai baju adat Batak. (Gue awalnya gak tau itu adat mana. Cuma pake kaos dalem,  kaen di taruh pundak,dan topi. Yang jelas lebih lancip topi gue. Tapi setelah beberapa hari gue baru tau itu adat Batak. Gue ngeliat ada yang make baju gitu juga. Waktu itu gue liat di warung makan dekat terminal.) Bukan masalah bajunya. Tapi kebetulan kakak kelas gue yang perempuan ini mempunyai badan yang cukup di bilang sehat (baca : berisi). Karena cuaca yang cerah,badannya jadi seperti daun talas. Berembun gitu. Tapi baunya berbeda. Ya,keringat. Dengan dikolaborasikan sama kaos dalem yukensi. Akhirnya embun itu tampak jelas di ketiaknya. Gue panik. Bau itu udah sampe dalam alveolus gue. Buat yang gak tau alveolus. Alveolus itu bagian terdalam paru paru,tempat bertukernya udara kotor sama udara bersih. Dan untuk sekarang. Gue sedang menghirup udara yang benar-benar kotor. Gue menutup idung. Mungkin dia ngerasa. Jadi dia nanya. "Ada masalah?". Gue jawab "enggak kak.". Tadinya gue pengen jawab. " engga kak, adanya aroma abang bajaj yang terjebak dalam anak kelas IV SD". Dia baris seperti biasa lagi. Gue tenang. Akhirnya semacam upacara itu selesai. Gue selamet. Cuman butuh lima tabung oksigen buat netralin paru paru gue.
     Kembali lagi ke hari kartini. Hari kartini merupakan awal dari emansipasi wanita. Emansipasi *katanya* adalah persamaan derajat. Jadi apa yang dilakukan cowok,cewek juga boleh. Gue bingung. Mungkin atas dasar ini banyak cewek yang kawin sama cewek. Masih banyak hal lagi yang gue bingung. Misal : pemain bola harusnya cowok. Bagaimana kalau jadi cewek? betapa banyak bola di lapangan nantinya. Belum lagi kalau sedang datang tamu. Tamu di sini berwarna merah *katanya*. Sebelas pemain akan berkurang karena ada yang izin sedang sumbilangeun atau sakit perut. Bagaimana kalau pemain cadangannya juga ada tamu? waduh. Emansipasi kadang hanya di bagian saja digencarkannya. Misal di bidang profesi,jabatan,dan pendidikan. Sementara di bis. Enggak. Setiap gue naik bis dan dalam keadaan DUDUK. Misalnya kursi bis udah penuh dan naik satu orang wanita. Dia langsung ngasih kode. Semacam batuk atau sendawa. Supaya ada laki laki yang ngasih tempat duduknya. Lho? katanya emansipasi? gue jadi bingung lagi.
     Yang jelas hari kartini bagi gue adalah hari dimana gue bisa merasa keren pake topi lancip adat Padang. Gue merasa seperti ksatria yang pedangnya ada di kepala. Gue merasa seperti pria sejati. Gue merasa seperti pria yang disunat lagi. Macho. Mungkin nanti gue bakal bikin komik yang jagoannya dari Padang. Dan bisa nyeruduk musuhnya pake kepala. Keren.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...