15 Okt 2013

Hari Ini Membuatku Ingat

     Gak kerasa udah idul adha lagi aja. Gue gak nyangka waktu bakal berjalan sebegitu cepatnya. Lebih cepet daripada siput yang dikasih NOS. Idul adha selalu gue tunggu-tunggu dari dulu. Waktu kecil gue selalu seneng kalo moment ini datang. Gue seneng karena banyak banget kambing,domba dan sapi di sekitar Mesjid gue. Gue jadi gak perlu jauh-jauh ke ragunan buat liat binatang. Tinggal jalan beberapa langkah. Sudah bisa ngeliat kambing,domba dan sapi yang sedang makan rumput.
    
     Dulu buat gue,idul adha juga termasuk ajang kumpul sama temen gue. Temen-temen geng gue yang disebut "pixers". Temen rumah gue yang sedikit sudah gue bahas di post gue yang sebelumnya. Yang udah lama banget tapi. Gue dan teman-teman gue biasanya menunggu orang Mesjid memberikan daging sisa ke gue dan temen-temen gue. Saat orang Mesjid itu datang. Kami langsung berlarian sambil teriak "dagingg!! itu daging guee!!" ada yang lain teriak "Salaaahh!! itu daging sapi tauuu!!" oke gak usah dipikiran ucapan orang yang terakhir itu.
     Setelah mendapatkan daging yang cukup. Rutinitas yang biasanya kami lakukan adalah menyate,atau membuat sate. Karena menurut kami ini adalah kuliner yang relatif mudah untuk dimasak. Berbeda kalo kita mau bikin sop misalnya. Resiko kesalahan memasukan bumbu lebih besar. Ingin memasukan bumbu penyedap,malah memasukan deterjen bubuk misalnya. Itu dapat berakibat fatal. Maka dari itu,kami semua memilih sate. Walaupun resiko terkena penyakit kelamin masih besar. Bagaimana engga? sate yang kami bikin masih menggunakan alat-alat sederhana. SANGAT sederhana. Yaitu : Kipas kayu anyaman (yang udah bolong ditengahnya), dan Alat pembakar yang terbuat dari antena yang sudah berkarat. Waktu itu ilmu kimia gue masih cetek (sekarang tambah cetek sih) gue beranggapan karat dalam alat pembakar itu akan menambah zat besi. Ternyata engga. Yang mungkin terjadi adalah tetanus di organ dalam gue.
      Metode pembuatan sate pun masih jauh dari standar organisasi persatean dunia atau disingkat SOPD *oke ini ngasal. Daging yang masih belum dibersihkan langsung dipotong kecil-kecil. Ukuran kecil menurut kami masih sebesar jempol kaki orang dewasa. Lalu ditusukan ke lidi yang sudah disiapkan. Lalu kami langsung bakar di atas pembakar (yang berkarat). Setelah matang sedikit,kami beri bumbu yang terdiri dari : Kecap,Mentega,Bawang putih,bawang merah. Pengadukan bumbu menggunakan tangan terbuka *oke yang mau muntah silahkan.. Setelah dilumuri bumbu,sate itu dibakar lagi dan ditunggu hingga matang. "Matang" bagi kami adalah keadaan dimana daging sate sudah berubah (sedikit) kecoklatan. Waktu itu gue mencoba sebagai tester. Awalnya gue takut. Takut ketagihan.
     Akhirnya gue memberanikan diri gue buat mencoba sate yang kami buat. Perlahan gue mengangkat sate itu dari pembakar menuju mulut gue yang udah dihiasi iler berjatuhan. Daging itu pun tergigit. Dan rasanyaa...
Rasanya seperti memakan Kambing hidup-hidup. Darah masih kerasa. Atau bahkan keringet si kambing juga masih tersisa. Karena gue gak mau jadi korban sendiri. Rasa yang "kampret" itu gue tahan sambil bilang "enaakk kok". Temen-temen gue pun senang. Mereka seperti ilmuwan atau lebih tepatnya Chef yang menemukan resep sate baru. Ya resep sate baru yang bisa bikin lambung manusia tidak berfungsi lagi. Mereka pun mencobanya. Alhasil... Mereka memakan dengan lahap. Gue juga. Waktu itu gue terbawa suasana.
      Hal ini berlangsung tiap idul adha. Sehingga perut gue serasa udah kebal. Bisa dianalogikan kepala pemain debus yang sering dibakar. Pasti gak bakal kerasa panas lagi. Perut gue pun begitu. Dia sering mencerna makanan yang 10% matang dan sisanya masih alami (bau darahnya). Sehingga perut gue pun jadi kebal. Gak pernah sakit perut gue.
     Hal kayak gitu udah jarang gue lakuin sekarang. Gue dan "pixers" udah punya banyak kesibukan sendiri. Ada yang kuliah,kerja,ada yang masih sekolah juga (ya itu gue!!). Gue kemarin ngeliatin foto-foto gue dan temen temen gue (pixers) waktu lagi alay-alaynya. Gue berpikir kalo gue gak alay. Mungkin gue akan kekurangan satu hormon di tubuh gue. Gue bersyukur pernah alay. Gue bernostalgia melihat foto-foto itu. Dimana gue lagi sakit demam berdarah terus dijenguk "pixers". Terus waktu gue jatoh dari motor,eh kampret malah difotoin. Dan berbagai kenangan liar gue bersama pixers. Tapi masa lalu emang gak bisa terulang. Masa lalu bukan timeline twitter yang bisa gampang gitu aja di scroll . Masa lalu merupakan hiasan kehidupan yang kita pernah masuk didalamnya. Seperti film sejarah,tapi kita hafal sekali dengan film itu. Sehingga tiap detik memori itu tersimpan rapi di otak dan dapat dirasakan di hati. Sumpah gue gak lagi galau atau kerasukan hantu romeo. Gue cuma sedang mengenang masa kecil gue. Ini sedikit foto-foto gue bersama temen-temen gue (Pixers). Inget ! ini gue dan temen-temen gue yang dulu. Masih alay banget. Dimana tulisan gede-kecil masih dipuja. Sekarang kami sudah sangat berbeda dari ini :
Lihat tulisannya. Itu dulu dipuja..
Foto editan temen gue buat gue. Ini gaya and*ka "kangen" pas ketangkep bawa ganja.
Gue abis jatoh dari motor. Kampret malah di foto.
Gue foto saat di foto. *halaah
Captionnya sama kayak yang atas.

Waktu gue lagi sakit DBD. Infus beroohh..
Perintis boyband di Indonesia sebenarnya kami.
Ketika bersama Pixers. dan gue alay beuddhh
Teknik fotografi yang bagus.

Candid yang selalu diingat. PIXERS..
Itu sebagian foto-foto gue sama Pixers. Sekarang gue gak gitu. udah gak alay kok sekarang mah. Udah diuji tes hormon alay. Hasilnya dibawah batas maksimal. Tapi gue gak nyesel pernah jadi alay. Karena kalo gak gitu. Apa yang bisa dikenang dan diketawain sekarang kan?

2 komentar:

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...