20 Mar 2013

Tulisan Di Minggu Ujian

    Minggu ini gue lagi ujian sekolah (US) . Dan bulan depan gue ujian nasional (UN). Gue gak ngerti kenapa US dan UN harus dipisah. Padahal kan sama-sama ujian,sama-sama di kelas,dan sama-sama gak boleh nyontek. Menurut gue seharusnya UN itu boleh nyontek. Dari namanya, Ujian Nasional. Anak bangsa harus dikembangkan hasrat nasionalisme-nya dengan gotong royong dan kerja sama (baca : Nyontek). Nah,kalau US baru gak boleh.
    Walaupun lagi ujian,gue tetep nyempetin nulis di blog. Tepatnya ngeklik mouse. Karena gue masih pake Keyboard On Screen.
    Biasanya gue gak boleh online saat ujian. Tapi gue cerdik. Gue buka dua tab. Satu tab blogger. Satunya lagi pelajaran. Terkadang gue suka pelajaran biologi.
    Mendekati UN.temen-temen gue pada beli buku ' 99% lulus UN SMK '. Dari namanya aja udah keren. 99% coy. Tapi di sekolah gue ada sidang kelulusan yang lebih garang dari UN. UN cuma kayak jari semut,sedangkan sidang kelulusan bagai tangan ade ray.
   
Tiap gue liat temen gue pasti ngebawa buku yang sama. Karena cuma itu buku latihan UN buat SMK. Kerasnya jadi anak SMK. Emang gak bohong kalau slogan SMK itu "SMK Bisa ! ". Ya, gue emang harus serba 'BISA'. Bisa ngerjain ulangan,bisa membantu sesama, dan bisa memilih buku latihan UN dengan baik. Gak sedikit temen-temen gue yang anak SMK juga (maksudnya sekolahnya di SMK. Karena SMK bertelur,bukan beranak. *seharusnya tidak dibahas*) salah dalam membeli buku latihan UN. Kebanyakan dari mereka membeli buku latihan buat SMA. Gue teman yang baik. Gue selalu ngetawain mereka yang salah. Hahaha. Ya jelas gue ketawa. Masa bedain SMK ama SMA aja susah. Gue juga sempet salah sih kemaren pas beli. Tapi udah gue tuker ama yang buat SMK. Awalnya gue beli buku latihan UN untuk SD dan sederajat. Gue lebih pinter kan ?
    Setelah punya buku latihan UN yang mainstream itu. Gue jadi sering buka-buka buku. Bukan karna gue pelajarin. Tapi gambar di buku itu bagus-bagus. Seneng gue ngeliatnya. Buku yang mainstream ini gue sampul biar kesannya beda dan gak ada yang nyamain. Awalnya gue berniat nyampul itu pake sampul 'hello kitty' tapi daripada status sunat gue dipertanyakan,gue sampul itu dengan warna merah. Kesannya semangat yeah.
    Di UN gak ada pelajaran Biologi (untuk SMK gak ada biologi. *serentak anak SMK bersyukur*). Tapi tadi gue US dan ada pelajaran itu. Gue suka sih pelajaran biologi. Tapi cuma di bagian tertentu. Bagian terpenting buat masa depan. Ya, Reproduksi.
    Tapi di US bukan cuma ada bab itu. Banyak banget dan full hafalan. Semaleman gue ngafalin persis banget iklan obat otak yang di TV. Gue selalu ngucapin hafalan gue ulang-ulang. Biar menarik gue ngafalinnya gaya ngerap. Wih keren.
    Ada bab biologi yang agak males gue pelajarin. "Pola Hereditas". Tau gak ? itu adalah bab yang memaksa lu jadi alay. Kalo lu kuliah di FMIPA ,ngambil jurusan IPA dan belajar itu selama 6 semester. Lulus dari situ lu bukan jadi sarjana. Tapi SaRjANa (Tulisan jangan ditiru). Gue bilang begitu karena di "Pola Hereditas" yang dipelajari adalah gamet yang di lambangkan huruf besar dan kecil. Contoh : (BbKk). Tulisan tangan gue susah di bedain mana huruf besar,mana huruf kecil,dan mana tanda titik. Kadang tanda titik gue lebih besar.
   Akhirnya gue belajar nulis gede kecil ama tetangga gue. Namanya Joko (nama dibaguskan). Dia udah lama menjadi anggota perkumpulan pecinta tulisan unik atau disingkat Lapuk. Dia jago banget. Nulis satu paragraf aja cuma 1 menit. Itu tiap kata udah di mix . Tiap kata mengandung huruf besar kecil,angka,dan simbol. Gue takjub. Dan tadi US Biologi gue lancar. Cuma di soal yang ngebahas "Pola Hereditas".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...