17 Nov 2013

Hari Minggu Yang Tergunakan

     Hari ini libur. Seharusnya gue sedang hibernasi di rumah. Seharusnya juga jam segini gue masih berduaan dan memeluk mesra guling gue. Dia pasti lagi sangat kesepian sekarang. Guling gue satu-satunya dan satu-satunya benda yang paling sering gue ilerin setelah bantal gue tentunya.
     Waktu masih menunjukan jam 7. Tapi gue udah siap-siap buat berangkat ke SMA negeri 1 Bogor. Bukan. Gue bukan pengen pindah sekolah. Tapi disana lagi ada Tryout buat SBMPTN. Gue ikut karna gue udah terlanjur beli tiketnya. Satu tiket harganya 30 ribu. Dan kalo gue gak dateng. Berarti gue menyia-nyiakan uang yang bisa buat jajan selama dua hari. Mubazir. Maka dari itu,walaupun hari ini hari Minggu dan gue seharusnya hibernasi di rumah. Gue bela-belain dateng kesana.
    
     SBMPTN adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri. Gue gak tau apa bedanya dengan SNMPTN. Setau gue SNMPTN juga bersama. Lalu apa bedanya? Hanya Tuhan dan pemerintah yang tahu itu. Yang gue tahu (sangat sedikit) ini merupakan seleksi buat kita yang mau masuk perguruan tinggi negri. Gue belum menentukan apakah setelah lulus dari sekolah kimia ini bakal kerja atau kuliah. Tapi entah kenapa gue tertaik ikut tryout SBMPTN ini. Alasan gue karena "Buat tahu soalnya gimana". Tapi alasan gue gugur,karena mengetahui bahwa tiap tahun soalnya berubah.
     Gue berangkat jam 7. Acara dimulai jam 8. Perjalanan memerlukan waktu sejam. Itu juga kalo gak macet. Kesimpulannya waktu gue mepet banget. Semepet badan penumpang bis yang berdiri. Akhirnya gue jadi terburu-buru. Karena lagi terburu-buru. Dunia gue jadi kesannya lambat banget. Kayak film Matrix. Gue menunggu bis angkutan gue dateng aja udah kayak lagi nunggu kucing bertelur (itu pasti lama sekali). Seolah-olah bis itu jalan dengan kecepatan 50cm/3 jam. Gue pun agak gondok.
     Setelah naik bis. Dunia yang seolah-olah seperti dunia di film Matrix ini terjadi lagi. Di pandangan gue bis jadi kelihatan jalannya lama banget. Mungkin siput "turbo" lebih kenceng jalannya. Lamanya bis berjalan dipengaruhi beberapa faktor. Yaitu : Bisnya sering ngetem, Lagi gak ada saingan (Biasanya kalo ketemu saingan,bis melaju bagai mobil Need For Speed) , Dan yang paling parah adalah Supir susah banget ngoprasiin atau ganti gigi bisnya. Sepertinya karena mesin bis udah mulai tua. Gue melihat beberapa kali si supir agak kesusahan mengganti gigi bisnya. Biar gak rancu gue bilangnya "Gear" aja ya. Kalo pake kata "gigi" kesannya bis yang gue naikin bisa makan orang.
     Gue pun mulai panik ketika makin seringnya si supir kesusahan mengganti Gear bis. Gue panik karena waktu itu bis jurusan Depok-Bogor yang gue naikin nabrak trotoar di deket Baranangsiang. Awalnya gue kira cuma hal biasa si supir agak kesusahan menginjak rem waktu itu. Dalam hati gue berkata "ah paling cuman akting". Gue juga bingung entah kenapa gue sebodo amat itu sama sang supir. Karena kebodo amatan gue itu. Gue biasa aja waktu mau turun di puteran tol Baranangsiang.  Gue panik saat mendengar supir teriak " Yaampun remnya blong !!" . Dia teriak dengan nada tinggi dan keras. Kayak vokalis band metalika. Gue pun panik. Gue yang udah dalam keadaan berdiri cuma bisa pegangan ke tiang di atas bis. Seperti lumrahnya bis yang remnya blong. Bis yang gue naikin jalan lurus terus. Padahal ini puteran. Dan di depan gue ada "Trotoar". Bis gue pun nabrak trotoar dengan suksesnya. Gue yang masih di dalam bis itu serasa naik arung jeram. Bedanya gue gak pake pelampung waktu itu. Untungnya gue gak kenapa-kenapa. Cuma waktu turun dari bis yang "Nyusruk" itu. Gue ketemu temen gue yang baru turun dari angkot. Dia nyamperin gue. Dia seolah kaget gue naik bis yang nyusruk tadi. Soalnya kondisi bis udah ancur.
     "Lu naik bis itu tadi han? (Nadanya seolah-olah gue Limbad yang gak mempan ditusuk paku payung).
     "Iya.. Duhh"
     " Gila.. Muka lu pucet abis. Kayak emak-emak abis ngelahirin.. wkwkwk"
     " Sialan lo !".

     Muka gue emang pucet banget waktu itu. Gue ngerasain badan gue dingin. Kalo ada air yang nempel di badan gue,mungkin langsung jadi es campur (Lebay). Untungnya gue selamat hari itu.
     Hari ini gue gak mau sifat kebodo amatan gue itu terulang. Akhirnya gue beranikan menyapa abang supirnya.
     "Bang, Gearnya rusak ya?"
     "Engga de. Cuma agak macet aja. Gak bisa naikin gigi lebih dari 3 nih"
     " (Itu namanya rusak kampret -_-) Oh gitu ya bang.."
   
     Gue gak mau melanjutkan percakapan. Untungnya waktu turun gue dari bis sudah dekat waktu itu. Gue turun dari bis sambil mendoakan bis dan penumpangnya tidak apa-apa di perjalanan selanjutnya.
     Gue menunggu angkot sekarang. Untuk sampai ke SMA itu. Gue perlu naik angkot sekali lagi. Angkot pun datang. Tapi derita gue belum sampe situ. Jalanan di tutup karna ada Car Free Day di jalan dekat kebun raya. Gue makin panik. Gue liat jam udah 8 lewat 30. GUE TELAT 30 MENIT !!. Kampreto.
     Sampai di SMANSA gue langsung masuk ke ruangan. Semuanya udah pada ngerjain. Tes pertama adalah TPA (Tes Potensi Akademik). Jumlahnya 70 soal dalam waktu satu jam. Berarti kalo buat gue, 70 soal dalam waktu kurang dari 30 menit. Akhirnya bukannya menjawab soal,gue malah membulati asal. Gue memilih huruf yang gue suka aja. Karena gue suka huruf B. Jadi kebanyakan isian gue jawabannya B.
     Setelah soal TPA ada dua paket soal lagi yang harus gue isi. Gue gak pernah ikut les. Jadi wajar gue gak bisa jawab soalnya (Alasan Pecundang). Gue akhirnya pulang. Pulang dengan membawa 3 paket soal. Karena hal ini yang gue perlukan. Gue mengikuti Tryout ini cuma "Mau tau soalnya kayak apa". Udah gitu aja.

1 komentar:

  1. akan sangat bagus ketika waktu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya jilbab khimar bukan begitu gan.

    BalasHapus

Garing kan? Yuk, kata - katain si penjual krispi biar dia males nulis garing lagi. Silahkan isi di kolom komentar.

Penikmat Crispy

Pemakan Crispy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...